Enthung Jati Khas Blora

Haloooo shobat selamat pagi eh malem eh siang....hmmm terserah kalian deh waktu buka artikelnya pagi siang ato malem hehehe...
Makasih ya buat yang masih setia nungguin artikel terbaru dari dewi’s blog. Oh iya kalian tahu enthung nggak? Nggak tau ya? Ya udah kalo pengen tahu baca sampai bawah ya, inget lho jangan sampai ada yang terlewat.
Dokumen pribadi 26/12/2015
Enthung itu adalah kepompong, namun bukan kepompong seperti biasanya. Enthung ini berasal dari daun pohon jati. Dan pohon jati merupakan tanaman asli indonesia, lebih tepatnya Blora. Di wilayah Blora mayoritas hutannya merupakan hutan jati. Enthung hanya akan muncul pada bulan tertentu, dan saat ini adalah waktu yang tepat bagi para penyuka makanan enthung ini. Pada awalnya daun dari pohon jati akan habis karena dimakan oleh ulat yang akan menjadi entung. Setelah itu ada masa dimana ulat-ulat itu berhenti makan dan turun ke tanah untuk selanjutnya bersiap menjadi enthung. Kurang lebih selama 2 sampai 3 hari setelah ulat calon enthung turun, hutan hutan diwilayah blora akan ramai seperti dipasar, karena orang orang akan berbondong-bondong untuk mengambil enthung.
Biasanya orang orang tak perlu membawa wadah untuk menampung enthung tetapi mereka menggunakan “krondo”. Krondo adalah wadah sederhana yang terbuat dari daun jati.
Foto satu keluarga yang ikut dalam mencari enthung
Bahkan satu keluarga pergi bersama ke hutan hanya untuk sekedar mencari enthung, termasuk juga saya. Saya juga turut serta mengambil enthung namun bukan di hutan, melainkan di lahan dekat rumah yang banyak pohon jatinya. Pada saat awal-awal musim enthung, harga enthung bisa melebihi harga daging yaitu dengan kisaran sekitar 100 ribu, bagi orang yang memang suka sekali dengan enthung, harga berapapun pasti akan ditembus untuk mendapatkan makanan yang hanya muncul satu tahun sekali itu. Biasanya para warga menjual enthung dengan takaran gelas. Namun untuk saat ini di dusun saya tepatnya Dusun Wadung Desa Kedungtuban harga satu gelas enthung hanya sekitar 8 hingga 10 ribu saja. Ada yang berminat? Jika berminat kalian bisa datang ke dusun saya, selanjutnya bertanya kepada warga pasti mereka akan dengan senang hati untuk menjual enthungnya kepada kalian.
Kuliner khas Blora yang satu ini memang tak semua orang suka, termasuk juga saya. Walaupun saya suka mencari enthung tetapi saya sama sekali tak pernah mencicipinya sedikitpun. Alasan orang tak menyukai enthung dikarenakan mereka jijik dengan enthung karena enthung berasal dari ulat. Oh iya ada orang yang mengatakan bahwa enthung adalah salah satu makanan ekstrim dari Blora hehe tapi memang benar kan? Karena enthung berasal dari ulat.
Menurut penyuka enthung, makan enthung yang paling enak adalah dengan ulatnya sekaligus. Hiiiii....jijik bukan? Kalau saya jelas jijik.
Enthung bisa diolah menjadi apa sesuai selera, karena enthung adalah makanan yang mengandung banyak sekali protein dan juga kolestrol. Jadi rasanya akan sangat gurih. Dan ini adalah salah satu olahan dari enthung yaitu enthung goreng.
Dokumen pribadi 26/12/2015

Oke sikian, semoga artikel ini bermanfaat.

4 Responses to "Enthung Jati Khas Blora"

1) KOMENTAR ANDA HARUS MENGGUNAKAN KALIMAT YANG SOPAN DAN BAIK
2) APABILA ANDA MASIH BELUM MENGERTI MAKSUD DARI ARTIKEL BLOG INI, ANDA BOLEH BERTANYA KEPADA KAMI DI KOLOM KOMENTAR.
3) DILARANG MINTA FOLLOW SEBELUM ANDA FOLLOW BLOG INI.

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG :)